Redaksi Redaksi Arrahim.ID

Forum Rumah Bersama Surabaya Memperingati Tiga Tahun Peristiwa Bom Gereja Surabaya

57 sec read

Sejumlah aktivis dari Komunitas lintas agama dan etnis, serta eleman lainnya turut hadir dalam acara peringatan tiga tahun peringatan Bom Surabaya 13 Mei 2018. Acara yang diadakan oleh Forum Rumah Bersama Surabaya melakukan sejumlah kegiatan dengan tema “Menolak kekerasan Melalui Tuhan yang Berhati Ibu” untuk memperingati 3 tahun bom gereja di Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/5/2021).

Forum Rumah Bersama Surabaya menyerukan kepada seluruh masyarakat Surabaya, untuk kembali mengikat dan mempererat tali persaudaraan sebagai sesama manusia. Diketahui, sebanyak 11 orang tewas dan 41 orang luka-luka, akibat bom yang meledak di tiga gereja di Surabaya, pada 13 Mei 2018. Peringatan yang berlangsung di tiga gereja lokasi ledakan, yaitu di GKI Jalan Diponegoro, GPPS Sawahan, dan Gereja SMTB.

“Bertepatan dengan tiga tahun terjadinya tragedi bom di tiga gereja di Surabaya, kami datang ini untuk mengajak segenap elemen masyarakat dan seluruh umat beragama untuk menolak kekerasan dalam berbagai bentuknya. Peristiwa tiga tahun lalu itu adalah peristiwa memilukan dan perlu menjadi pengingat bagi semua umat untuk tidak melakukan kekerasan dengan bentuk dan cara apapun, ” ujar Dewi Munarti mewakili Forum Rumah Bersama Surabaya, Senin (10/5/2021).

Sementara itu, usai menggelar kegiatan di GKI Diponegoro, rombongan Forum Rumah Bersama Surabaya akan mengunjungi Gereja Sawahan, dan Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB). Ketiga Gereja tersebut menjadi sasaran pengeboman pada tiga tahun lalu.

Forum Rumah Bersama Surabaya bertekad menciptakan Surabaya, Indonesia, dan bumi sebagai tempat seindah surga. Tidak boleh ada lagi kebencian di antara sesama warga bangsa. Tak boleh lagi ada bom yang diledakkan karena kebencian iman. Tak boleh lagi ada anak kecil tak berdosa yang menggelayut di tangan ibunya hanya untuk meregang nyawa. Selain SMTB, Forum Rumah Bersama Surabaya juga mengunjungi GKI dan GPPS. (mmsm)

Baca Juga  Kemenag Buka Sayembara Santri Sehari Jadi Menteri Agama, Ini Syaratnya
Redaksi Redaksi Arrahim.ID