Redaksi Redaksi Arrahim.ID

Hari Keluarga Nasional, Menag: Keluarga Tempat Pendidikan Utama

47 sec read

Source: keluargaindonesia.id
Source: keluargaindonesia.id

Jakarta (Kemenag) — Indonesia hari ini memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, peringatan Harganas mengingatkan pentingnya peran keluarga sebagai sumber kekuatan dalam membangun bangsa dan negara.

“Masyhur bahwa ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Karenanya, keluarga adalah tempat pendidikan utama bagi generasi bangsa,” terang Menag Fachrul Razi di Jakarta, Senin (29/06).

Menurutnya, generasi bangsa yang hebat tidak bisa dilepaskan dari proses pendidikan keluarga. Pendidikan tersebut tidak semata tentang pengajaran ilmu pengetahuan dan pengayaan wawasan. Lebih dari itu, pendidikan akhlak, budi pekerti, dan karakter yang ditanamkan keluarga menjadi modal penting generasi bangsa menatap masa depan.

“Keluarga adalah sumber keteladanan bagi anak-anak bangsa,” tuturnya.

Menag berharap, pendidikan jarak jauh yang berlangsung sejak pandemi Covid-19 bisa menjadi momentum mengembalikan fungsi keluarga sebagai tempat pendidikan karakter bagi anak-anak. Sinergi lembaga pendidikan formal dan keluarga sangat dibutuhkan, tidak hanya dalam meningkatkan wawasan intelektual, tapi juga membentuk akhlak dan karakter anak.

“Pandemi Covid memberi kesempatan lebih banyak bagi anak untuk belajar di rumah bersama keluarganya. Sinergi lembaga pendidikan dan orang tua sangat dibutuhkan untuk memanfaatkan momentum ini dalam membentuk karakter generasi bangsa,” tuturnya.

“Mari optimalkan keluarga dalam fungsi pendidikan agama, menyemai cinta kasih, memberikan perlindungan, ruang sosiaslisasi dan pembinaan lingkungan. Dari keluarga yang keren, akan lahir generasi bangsa yang tangguh dan kompetitif,” tandasnya.

(Humas)

Sumber: Kemenag.go.id
Penulis: Kontri
Editor: Indah Limy

Baca Juga  Menggali Keteladanan KH. Ma’ruf Irsyad Kudus
Redaksi
Redaksi Redaksi Arrahim.ID