Redaksi Redaksi Arrahim.ID

PKMB UIN Lampung: Moderasi Beragama Bukan Pendangkalan Akidah

39 sec read

Selama dua hari (27-28/5), Pusat Kajian Moderasi Beragama (PKMB) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Moderasi Beragama. Ketua PKMB, Riski Gunawan, menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah untuk memantapkan pemahaman dan praktik Islam moderat di lingkungan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UIN Raden Intan Lampung.

Acara ini dihadiri oleh Ahmad Zainul Hamdi, Ketua Forum Rumah Moderasi Beragama Nasional, dan Zacky Khairul Umam dari Abdurrahman Wahid Center Unibersitas Indonesia (AWC-UI).

Dalam kesempatan itu, Ahmad Zainul Hamdi menjelaskan bahwa moderasi beragama sama sekali bukan pendangkalan akidah. Moderasi beragama perlu disuarakan secara kuat oleh para akademisi Perguruan Tinggi Keislaman karena saat ini kehidupan keagamaan di Indonesia dipenuhi oleh semamgat kebencian, bahkan kekerasan. PTKI, bersama pesantren dan ormas-ormas keislaman moderat lain seperti NU dan Muhammadiyah, adalah elemen-elemen penting dalam memoderasi berbagai paham dan praktik keberislaman di Indonesia yang cenderung ekstrem.

Di kesempatan lain, Zaky mengingatkan kepada para peserta untuk menjaga semangat moderasi beragama agar tidak menjadi instrumen untuk melakukan penyingkiran keragaman tafsir dan praktik keagamaan di Indonesia. “Inilah jebakan yang harus disadari dalam gerakan moderasi beragama di Indonesia,” jelas Wakil Kepala AWC-UI. (MMSM)

Baca Juga  Menggali Keteladanan KH. Ma’ruf Irsyad Kudus
Redaksi Redaksi Arrahim.ID