Redaksi Redaksi Arrahim.ID

CMARs-Project CREATE Ajak Pelajar SMA/sederajat Suarakan Toleransi melalui Sastra

1 min read

Surabaya-CMARs (Center for Marginalized Communities Studies) melalui program CREATE (Creative Youth for Tolerance) mengadakan CREATE-Talks, sebuah forum webinar, bertajuk “Sastra sebagai Media Kampanye Toleransi dan Keberagaman” pada Sabtu, 18 Juni 2022 secara online dan  juga disiarkan secara langsung langsung melalui kanal Youtube ArrahimID Official. 

CREATE sendiri merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman di sekolah melalui pendekatan seni dan budaya dan dijalankan oleh Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Hivos)  bekerja sama dengan CMARs (untuk implementasi di Jawa Timur) dengan dukungan dari The United States Agency for International Development (USAID). Program ini telah berjalan sejak 2020 dengan menyasar pelajar tingkat SMA/MA/sederajat, guru, dan orang tua di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

CREATE-Talk sesi kali ini mengangkat tema tentang sastra, toleransi dan keberagaman karena melalui forum ini, program CREATE ingin mengajak siswa-siswi SMA/sederajat di Jawa Timur untuk turut aktif mengkampanyekan toleransi dan keberagaman termasuk dengan menggunakan karya sastra. Dalam kesempatan ini, sebanyak kurang lebih 45 pelajar SMA dan MA di wilayah Jawa Timur turut hadir mengikuti kegiatan webinar ini. 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari  Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Jawa Timur, Dr. H. Panoyo, M.Pd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan dukungannya pada kegiatan CREATE di Jawa Timur. Lebih lanjut, dia mengatakan, “Sebagai bangsa yang besar, kita perlu saling menjaga kebersamaan dalam rangka memperkuat keberagaman. Caranya dengan berkreatifitas seperti yang dilakukan teman-teman disini.”

Pada kesempatan ini, CMARs menghadirkan aktivis literasi anak di Surabaya sekaligus Co-founder dan Teacher of Klub Literasi Anak, Nabila Budayana, sebagai narasumber. Selain itu, salah satu siswa alumni Youth Challenge (kegiatan yang diselenggarakan oleh CREATE), Ivan Zenatmaja, turut menjadi narasumber dalam kegiatan ini yang   juga berbagi terkait pengalaman dan karya puisi-puisinya yang mengkampanyekan toleransi dan keberagaman. Ia juga bercerita terkait pengalaman dan manfaat yang ia rasakan selama mengikuti kegiatan CREATE sejak 2020 bersama dengan para pelajar SMA/sederajat lainnya di Jawa Timur.

Baca Juga  Tadarus Litapdimas (15): Islamophobia Masih Ada?

Lebih lanjut, anak muda yang lebih akrab disapa Ivan ini dengan optimis menyatakan pentingnya melawan intoleransi dan merangkul kelompok minoritas.,

“Intoleransi adalah sifat yang harus kita keluarkan dari kita. Kita generasi muda bisa melawannya dan kita perlu merangkul golongan minoritas”, imbuhnya.

Redaksi Redaksi Arrahim.ID