Redaksi Redaksi Arrahim.ID

Jelang Hari Santri Nasional 2023, UIN RM Said Surakarta Gelar ‘Pesantren Expo Se-Solo Raya’

1 min read

SUKOHARJO – Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2023, UIN Raden Mas Said Surakarta akan mengadakan Pesantren Expo Se-Solo Raya selama empat hari sepanjang 19-22 Oktober 2023.

Acara ini akan menggandeng 41 Pondok Pesantren se-Solo Raya dari Sukoharjo, Kota Surakarta, Wonogiri, Sragen, Klaten, dan Karanganyar untuk berpartisipasi sekaligus disediakan stan pameran bagi para santri di area Gedung Graha UIN RM Said Surakarta.

Stan ini sedianya akan menawarkan beberapa hasil karya santri seperti sarung batik, makanan ringan, majalah pesantren, vas bunga, dan kerajinan tangan lainnya. Beberapa santri yang berpartisipasi di antaranya berasal dari Pondok Pesantren Al-Muayyad Solo, Assalam, Al-Hikmah, Al-Mukmin, Al-Amin Palur, An-Najah Sragen, Ki Ageng Selo Tulung, Walisongo, Muhammadiyah Green School Wonogiri, dan lain sebagainya.

“UIN Raden Mas Said Surakarta perlu menyambut Hari Santri Nasional ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap para santri di seluruh negeri. Peringatan juga semoga tidak hanya menjadi seremoni semata, tapi juga memberi manfaat bagi santri, khususnya mereka yang ada di Solo Raya,” kata KH. Dr. Abdullah Faishol, M.Hum., Ketua Panitia HSN UIN RM Said 2023.

Secara terpisah, Prof. Islah selaku Koordinator Humas Panitia HSN UIN RM Said 2023, menyampaikan harapan yang besar terhadap agenda ini.

“Pada Hari Santri Nasional ini, tentu saja kami berharap santri bisa merayakannya dengan memberi manfaat balik kepada masyarakat melalui produk yang ditawarkan melalui UMKM di pesantren-pesantren. Kita juga ingin menunjukkan bahwa santri juga bisa berdikari dan berkarya untuk negeri,” ujar Prof. Islah.

Rangkaian agenda Pesantren Expo UIN RM Said ini akan dibuka pada Kamis (19/10) dengan Talkshow Pesantren “Memperingati Hari Santri Nasional 2023” dengan pembicara Atika Ulfia Adlina, Eva Ida Amaliah, Prof. Umma Farida, dan Abdul Karim. Lalu acara dilanjut dengan Ruqyah Massal oleh KH. Kholil, lalu lanjut ke acara Panggung Kreasi.

Baca Juga  KUPI II akan Dihadiri 350 Peserta dari Mancanegara

Pada Jumat (20/10) agenda Kirab Santri akan diadakan. Rencananya akan ada ratusan santri berjalan dari area UIN RM Said menuju Situs Kerajaan Pajang, dan akan dilaksanakan acara bersih-bersih makam. Lalu dilanjut dengan agenda Talkshow Halal, Santri Got Talent, dan pada malam harinya akan dilanjut acara Santri Bersholawat.

Sedangkan pada Sabtu (21/10), agenda akan dilanjutkan dengan Talkshow Inklusi Keuangan dan Bisnis Pesantren, Reog Santri, dan Wayang Santri. Agenda akan ditutup pada Ahad (22/10) dengan Upacara Hari Santri. [AR]

Redaksi Redaksi Arrahim.ID