Redaksi Redaksi Arrahim.ID

Temu Pemuda Lintas Agama: Kelompok Pemuda Moderat Harus Lantang Bersuara

53 sec read

SURABAYA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Dr. Ahmad Zayadi mengatkan, kelomppok pemuda moderat harus lantang bersuara di media sosial dan ruang publik lainnya. Dalam konteks masa kini, ia mengatakan bahwa sikap moderat dalam beragama merupakan sikap penting yang harus dimiliki oleh golongan milenial, hal ini merujuk pada realitas keberagaman suku, agama dan ras di Indonesia.

“Tentu kita mendorong agar kelompok pemuda milenial ikut bersuara lantang di media sosial dan ruang-ruang publik lainnya dalam menggaungkan moderasi beragama” tutur Ahmad Zayadi dalam acara Temu pemuda lintas agama di Surabaya.

Pada acara tersebut turut hadir narasumber lainnya, diantaranya Kepala Bakesbangpol Jawa Timur Bapak Jonathan Judyanto, yang memberikan materi tentang “Wawasan Kebangsaaan”, serta dari Sekertaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bapak Hizbul Wathon yang memberikan materi dengan tema “Wawasan Kerukunan Umat Beragama”.

Thoriqul Huda, Ketua Forum Kerukunan Pemuda Lintas Agama (FORKUGAMA) Jawa Timur mengatakan bahwa acara Temu Pemuda lintas Agama di Surabaya merupakan bagian dari “Roadshow Moderasi Beragama” yang diselenggarakan di 4 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, yakni Surabaya, Kediri, Malang dan Jember, dengan melibatkan peserta dari masing-masing majelis Agama.

“Iya, kegiatan temu pemuda lintas agama ini merupakan agenda rutin, dan tahun ini akan kita selenggarakan di 4 kabupaten/kota di Jawa Timur, dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat”, tutur Thoriq.

Kedepannya ia berharap kerukunan umat beragama di Indonesia semakin baik, dan sikap membangun kerukunan harus dimulai dari pemuda sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan dalam membangun bangsa. “Pemuda sebagai penerus masa depan bangsa, harus memahami realitas keberagaman bangsa Indonesia”, lanjut Thoriq. [AA]

 

Baca Juga  Salah Satu Dosen Meninggal Dunia Diduga Covid19
Redaksi
Redaksi Redaksi Arrahim.ID