Ayus Mahrus el-Mawa Filolog; Pengurus MANASSA (Masyarakat Pernaskahan Nusantara); Kasi Penelitian dan Pengelolaan HAKI Kemenag RI.

Kesamaan Bulan Gus Dur dan Bulan Maulid Nabi

1 min read

Di tengah silih berganti informasi lelayu dan tetesan air mata tidak pernah kering di era pandemi ini, Desember adalah bulan Gus Dur.

Sepeninggal Gus Dur, rasanya belum ada sosok serupa yang dapat memecah kebekuan politik dengan budaya dan agama ala Gus Dur untuk bangsa Indonesia. Mungkin terkesan lebay, tetapi hal itu dirasakan publik Indonesia.

Untuk membuktikan bahwa banyak orang yang masih kangen dengan Gus Dur di bulan Desember ini, sederhana saja, kita dapat menyaksikan pada dua hal.

Pertama, yang konvensional peringatan haul di berbagai tempat, baik oleh Gus Durian ataupun komunitas lainnya. Bahkan, kadang bulan Januari saja masih ada yang menyelenggarakannya.

Kedua, kesaksian orang rindu Gus Dur dengan tulisan, baik melalui quote, ungkapan ringan Gus Dur yang tak lekang waktu, tulisan ringan di media sosial ataupun karya melalui buku bagi yang sangat mengaguminya.

Lalu apa hubungannya dengan Rabiul Awal Bulan Maulid Nabi?

Lebai juga sih jika kita sandingkan hal itu dengan Gus Dur, Selain Gus Dur bukan nabi, ia juga tidak ma’shum seperti Kanjeng Nabi. Tetapi begini, peringatan maulid Nabi itu seringkali dilaksanakan juga di bulan lain, di luar Rabi’ul Awal yang merupakan bulan kelahiran Nabi, lainnya hingga Rabiul Akhir atau sesudahnya masih saja ada acara maulid nabi. Pendeknya serupa tapi tidak sama.

Pada konteks saat ini, wabil khusus Gus Durian, sekalipun bukan hanya di bulan Desember, kajian atas gagasan dan nilai-nilai yang diperjuangkan Gus Dur akan selalu menarik untuk dikaji, disosialisasikan dan dijadikan pegangan dalam memahami keagamaan saat ini maupun kebangsaan dan kemanusiaan.

Akhirnya, di tengah kondisi pandemic yang mana para ulama banyak yang dipanggil Allah Swt. peringatan akan wafatnya Gus Dur di bulan Desember menjadi sarana lain untuk sedikit mengobati kesedihan kita beberapa bulan ini. Gitu saja kok repot. Wallahu a’lam…

Baca Juga  Teologi Puasa di Era Pandemi Covid-19
Ayus Mahrus el-Mawa
Ayus Mahrus el-Mawa Filolog; Pengurus MANASSA (Masyarakat Pernaskahan Nusantara); Kasi Penelitian dan Pengelolaan HAKI Kemenag RI.